Sunday, 4 November 2012

Bagaimana cara memilih agen asuransi?

1. Pendidikan agen jangan pas-pasan (min diploma)
Asuransi adalah masalah komplek, apalagi bila asuransi-investasi. pendidikan tinggi berpotensi mampu menguasai, menganalisa, dan menjelaskan produk asuransi dengan baik.

 2. Carilah agen yang memahami perencanaan keuangan
Asuransi merupakan bagian dari perencanaan keuangan. Agen asuransi yang baik akan ikut membantu perencanaan keuangan anda supaya keuangan anda sehat, bukan sekadar mengejar premi besar. Menurut para perencana keuangan, maksimal premi untuk asuransi adalah 10% dari penghasilan. Khusus produk unit link, karena dia sekaligus investasi, maka maksimal preminya bisa lebih besar, mungkin 15 atau 20%.

3. Carilah agen yang transparan dalam menjelaskan plus minusnya sebuah produk asuransi
  
4. Pilihlah agen yang berintegritas
Integritas seorang agen sangat penting. Banyak fitur dalam polis asuransi yang cukup kompleks dan tidak semuanya sama pentingnya. Beberapa agen merekomendasikan produk tertentu tanpa alasan lain kecuali ingin mendapatkan komisi yang lebih tinggi. Tidak sedikit pula agen asuransi yang “hit and run”, hanya bagus ketika menjual namun tidak begitu peduli dengan layanan purna jual. Carilah orang yang akan bertindak sebagai mitra Anda, memberikan informasi tambahan, mengusulkan alternatif, dan tidak memaksa Anda untuk membeli produk. Jika Anda mendapatkan terlalu banyak tekanan untuk cepat membeli, beralihlah ke orang lain.  

5. Pilihlah agen yang profesional
    • Periksalah lisensi agen. Agen asuransi jiwa harus memiliki lisensi dari AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia) untuk dapat menjual produk asuransi.

    • Ketahuilah spesialisasi agen. Beberapa agen asuransi mengkhususkan diri dalam asuransi jiwa tradisional, sedangkan yang lain mungkin lebih mendalami bidang asuransi jiwa unit-link, asuransi kumpulan atau asuransi kesehatan.

    • Ketahuilah kualifikasi agen. Gelar profesional seperti Chartered Life Underwriter (CLU), Chartered Financial Consultant (ChFC), Certified Financial Planner (CFP) dan Life Underwriter Training Council Fellow (LUTCF) menunjukkan bahwa agen tersebut telah menyelesaikan pelatihan lanjutan   

      DAFTARKAN POLIS ANDA HANYA PADA AGEN YANG TEPAT!

1 comment:

  1. penipuan via agen mustahil bisa dilakukan karena semua pembayaran dilakukan oleh nasabah sendiri langsung ke PRUDENTIAL dan LAPORAN AKUN NASABAH DIKIRIM LANGSUNG OLEH KANTOR PUSAT PRUDENTIAL ke alamat nasabah yang bersangkutan. Agent hanya membantu ADMINISTRASI saja. Bila ada agent yang jahil, PASTI KENA BLACKLIST dan menghancurkan karir agent itu sendiri, jadi sama saja bunuh diri. so, berhentilah berfikir negatif terhadap agent anda!

    ReplyDelete